Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol 4, No 3 (2016)

PENGARUH KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONALISME GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA SD DI GUGUS II DISTRIK NABIRE

SITI QOMARIAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan terhadap profesionalisme guru, untuk mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesionalisme guru, dan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar terhadap profesionalisme.Populasi penelitian ini adalah guru-guru SD di Gugus II Distrik Nabire yang terdiri dari 7 SD. Sampel berjumlah 40 orang guru, penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampel random sampling. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner. Uji validitas dengan menggunakan product moment dan uji reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan: Kualifikasi pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, Pengalaman mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru, Kualifikasi pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap profesionalisme guru. Kata Kunci : Kualifikasi Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Profesionalisme Guru, Pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (JIPI) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program magister Pendidikan IPA, Program Pascasrjana Universitas cendrawasih. JIPI terbit 3 kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni dan Oktober. JIPI merupakan sarana publikasi bagi akademisi dan ...