Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Teknologi Informasi Akuntansi
Vol.3 No.1 Edisi Juni 2022

LITERASI KEUANGAN MAHASISWA: PENGARUH FAKTOR GAYA HIDUP, PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KEUANGAN

Ressy Agmallia (Universitas Muhammadiyah Riau)
Annisa Rahima Ramadhani (Universitas Muhammadiyah Riau)
Wahyu Abdi (Universitas Muhammadiyah Riau)
Zul Azmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah variabel gaya hidup, pembelajaran keuangan di universitas dan pendidikan keuangan di keluarga mempengaruhi pemahaman financial literacy mahasiswa guna memperoleh pengelolaan keuangan yang baik untuk masa depan. Sebanyak 100 responden yang berasaldarimahasiswa program studi Akuntansi dijadikan sampel. Responden mengisi kuisioner yang disebarkan secaraacak. Data kemudian di analisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel gaya hidup dan pembelajaran keuangan di universitas memiliki pengaruh positif terhadap financial literacy mahasiswa, sedangkan variabel pendidikan keuangan di keluarga tidak berpengaruh positif terhadap financial literacy mahasiswa program studi akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah riau.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAKTA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal ini merupakan wadah untuk menampung gagasan, telaah dan kajian ilmiah, dan sebagai penyalur informasi untuk pengembangan dan pembangunan ilmu di bidang akuntansi yang meliputi: akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, auditing, akuntansi syariah, akuntansi kesehatan, akuntansi keuangan, ...