Bertujuan untuk melihat bagaimana peranan kepala sekolah terhadap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran penjasorkes pada SD Negeri gugus IV kecamatan Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif karena menggambarkan suatu variabel tentang peranan kepala sekolah terhadap pembelajaran penjasorkes di SD Negeri gugus IV sebagaimana adanya. Populasi dalam penelitian ini 20 orang kepala skolah SD Negeri gugus IV kecamatan Lubuk Basung. Teknik pemilihan sampel menggunakan total sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 20 orang kepala sekolah. Pengumpulan data dengan cara menyebarkan angket kepada setiap sampel. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan rumus distribusi frekuensi atau teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan perencanaa pembelajaran penjasorkes berada ditingkat cukup dengan presentase jawaban 85% dan pelaksanaan pembelajaran penjasorkes berada pada tingkat cukup dengan presentase jawaban 55% sedangkan evaluasi pembelajaran penjasorkes berada ditingkat cukup dan kurang sekali dengan presentase sama-sama 50%. Dapat disimpulkan bahwa peranan kepala sekolah terhadap pembelajaran penjasorkes berada pada tingkat cukup dan masih perlu ditingkatkan kedepannya.
Copyrights © 2021