PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL)
Vol 10 (2022): PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) SNF2021

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASINKRON MANDIRI BERBASIS TRANSFORMATIVE LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Aninda Adhiguna (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda Nomor 10 Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia)
Yetti Supriyati Saefudin (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda Nomor 10 Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia)
Hadi Nasbey (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda Nomor 10 Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Abstrak Pandemi Corona Virus Sisease (Covid-19) memberikan dampak kepada seluruh bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar dialihkan menjadi pendidikan jarak jauh dengan sistem pembelajaran dalam jaringan atau online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran asikron mandiri berbasis transformative learning berbantuan google classroom terutama pada materi fluida dinamis. Pengembangan ini menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran asinkron mandiri berbasis transformative learning yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh. Kata-kata kunci: pembelajaran jarak jauh, transformative learning, google classroom, fluida dinamis. Abstract The Corona Virus Sisease pandemic (Covid-19) has an impact on all fields, one of which is education. The process of teaching and learning activities is diverted to distance education with online learning system. This research aims to develop asynchronous media based on transformative learning assisted by google classroom, especially in dynamic fluid material. This development uses DDD-E models (Decide, Design, Develop, Evaluate). The result of this study is a asynchronous media based on transformative learning that can be used in the process of distance learning. Keywords: distance learning, transformative learning, google classroom, dynamic fluid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prosidingsnf

Publisher

Subject

Electrical & Electronics Engineering Energy Physics Other

Description

Focus and Scope: Physics education Physics Instrumentation and Computation Material Physics Medical Physics and Biophysics Physics of Earth and Space Physics Theory, Particle, and Nuclear Environmental Physics and Renewable ...