Social Landscape Journal
Vol 3, No 2 (2022): July

Peran Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar

Nur Azisah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui gambaran pelaksanaan kegiatan program kampus mengajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar, 2) Mengetahui peran Program Kampus Mengajar dalam meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Gambaran pelaksanaan kegiatan kampus mengajar mahasiswa prodi Pendidikan IPS FISH UNM meliputi kegiatan awal penugasan, kegiatan saat penugasan yaitu kegiatan mengajar dan non-mengajar dimana kegiatan non-mengajar meliputi bantuan administrasi dan adaptasi teknologi di sekolah, serta  kegiatan pada akhir penugasan di mana akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui pencapaian selama kegiatan. 2) Peran program kampus mengajar dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa prodi Pendidikan IPS FISH UNM berperan besar khususnya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Namun, masih kurang maksimal sebagai wadah dalam meningkatkan kompetensi profesional dalam penguasaan bidang studi IPS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

SLJ

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

Social Landscape Journal (SLJ) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. SLJ menyediakan akses terbuka dengan prinsip bahwa hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ini tersedia secara bebas untuk ...