Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa SMP Negeri Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa SMP Negeri 8 dan 30 SMP Negeri 10 kota Bekasi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar IPS di SMP Negeri Kota Bekasi. Hal ini dibuktikan nilai t hitung = 2.394 dengan nilai t tabel = 1,672 dan nilai probabilitas (sig.) = 0,02. Karena nilai sig < 0,05 dan t hitung > t tabel, maka terdapat pengaruh positif antara motivasi siswa terhadap prestasi belajar IPS. Peningkatan prestasi belajar siswa harus terus ditingkatkan untuk memberikan dampak positif bagi siswa untuk terus memotivasi dalam aktifitas belajar agar hasil belajar yang dicapainya maksimal.
Copyrights © 2020