Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah SLB Negeri I Maros. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan dan keterampilan siswa berkebutuhan khusus akan kemandirian hidup setelah mereka tamat sekolah. (2) siswa berkebutuhan khusus perlu diberikan keterampilan untuk kemandirian hidup mereka di masyarakat kelak, (3) perlunya dirancang program keterampilan vokasional sederhana  oleh sekolah agar siswa berkebutuhan khusus memperoleh kemandirian   secara sosial maupun ekonomi, (4) siswa berkebutuhan khusus di SLB negeri 1 Maros belum pernah diberikan keterampilan membuat telur asin. Sasaran eksternal adalah siswa berkebutuhan khusus memiliki kemandirian baik secara sosial maupun ekonomi melalui pelatihan pembuatan telur asin. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dengan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam kemandirian hidup, (2) mitra memperoleh keterampilan hidup sederhana. (3) mitra mendapatkan informasi tentang program keterampilan vokasional bagi siswa berkebutuhan khusus, (4) siswa mendapat pengetahuan dan keterampilan dalam membuat telur asin, (5) keterampilan yang telah diberikan menjadi inspirasi bagi sekolah untuk membuat usaha sekolah (memproduksi telur asin) dengan mengikutsertakan siswa sebagai mitra kerja.Kata kunci: telur asin, siswa berkebutuhan khusus
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021