Media Komunikasi FPIPS
Vol. 21 No. 2 (2022)

Melacak Kebutuhan Rekognisi Pelajar dalam Aksi Klitih di Kota Yogyakarta: Sebuah Tinjauan Eksistensialisme

Silvia Maudy Rakhmawati (Universitas Gadjah Mada)
Devi Kristianingsih (Universitas Gadjah Mada)
Jesthine Noviana (Universitas Gadjah Mada)
Anugerah Adjie Pratama (Universitas Gadjah Mada)
Supartiningsih Supartiningsih (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan aksi klitih pelajar Kota Yogyakarta dengan kebutuhan rekognisi serta analisisnya dalam perspektif eksistensialisme. Penelitian ini memiliki urgensi mengingat banyaknya miskonsepsi terhadap pemaknaan eksistensialisme. Cara bereksistensi di bawah ide kebebasan yang belum dicerna secara matang seperti dalam aksi klitih ini menimbulkan kengerian bagi masyarakat di Kota Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian fenomenologi yang mana mengikuti model penelitian filsafat sistematis di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: cara berada yang diaktualisasikan pelaku klitih terkait dengan pandangan orang lain. Adanya ancaman ego mendorong mereka perlu membuktikan sesuatu untuk memperoleh rekognisi. Miskonsepsi terhadap makna eksistensi juga menyebabkan mereka keliru dalam mendefinisikan kebebasan. Dalam eksistensialisme, manusia memiliki kebebasan untuk memberi makna pada keberadaannya dengan merealisasikan kemungkinan-kemungkinan yang ada. Namun dalam merealisasikan eksistensinya, seseorang perlu mempertimbangkan relasi antar sesama, sehingga dapat mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MKFIS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high ...