Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Ekonomi Kreatif melalui Analaisis SOAR. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan clothing Solid Object. Penelitian ini menggunakan sampel karyawan clothing Solid Object dengan menyebar kuesioner dan memperoleh jawaban dari 37 responden karyawan clothing Solid Object. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Analisis SOAR, IFAS (Internal Strategic Factors Analisys Summary), dan EFAS (Eksternal Strategic Factors Analisys Summary). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan software SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor Kekuatan (Strenghts) dan faktor Hasil (Results) memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingan dengan faktor Peluang (Oportunities) dan faktor Harapan (Aspirations). Pada matriks SOAR dari strategi SR menunjukkan bahwa faktor Kekuatan (Strenghts) dan faktor Hasil (Results) berada pada posisi berkembang(growth). Artinya, Strategi yang relevan untuk diterapkan yaitu Menambah varian produk berupa Sweater dan Jacket, Memberi gift berupa marchendise di setiap pembelian produk, dan Meningkatkan kualitas produk melalui quality control produk.
Copyrights © 2022