Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi
Vol 11, No 1 (2022): Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi

Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik : literature review

Lusi Angraini (Padang State University)
Rahmadhani Fitri (Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat.)
Rahmawati Darussyamsu (Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang, Padang, Sumatera Barat.)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Salah satu tujuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap beberapa artikel terkait penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa yang dipublikasikan beberapa tahun terakhir. Dari 20 artikel yang digunakan dalam literature review ini ditemukan bahwa rata-rata akhir hasil belajar siswa yang mengikuti model Problem Based Learning selalu meningkat; sedangkan rata-rata hasil belajar akhir siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran PBL cenderung menurun, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran PBL . Siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dibandingkan dengan siswa yang belajar tidak menggunakan model pembelajaran PBL. Hal ini, model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Problem-based learning models to improve students' biology learning outcomes: literature review. One of the objectives of the Problem Based Learning (PBL) learning model is to improve students' problem solving abilities so that they can become qualified Human Resources (HR). The purpose of this literature review is to identify the effect of using problem based learning learning models that affect learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor aspects of students in biology subjects. The method used is a literature study of several articles related to the use of problem based learning learning models on student learning outcomes published in recent years. From the 20 articles used in this literature review, it was found that the final average of students' learning outcomes who follow the Problem Based Learning model always increases; while the final average learning outcomes of students who take part in learning without using the PBL tend to decrease, there is a significant difference in learning outcomes between students who learn to use the PBL model and students who do not use the PBL learning model. Students who learn to use the Problem Based Learning model show better learning outcomes from cognitive, affective, and  psychomotor aspects compared to students who learn not to use the PBL learning model. This, the Problem Based Learning learning model has an effect on student learning outcomes.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Bio-Pedagogi. Jurnal Pembelajaran Biologi adalah jurnal yang dimiliki oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNS. Jurnal Bio-Pedagogi akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cakupan bidang ilmu pembelajaran biologi. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, kajian atau telaah ...