Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Shafira Yaumil Alin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)
Heni Puji Astuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bilangan bulat dalam pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2020/2021. Lokasi dalam penelitian ini ialah salah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obsevasi dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang mengacu pada indikator pencapaian pemahaman konsep sebagai berikut: (1) 73% siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep. (2) 53% siswa dapat mengklasifikasi objek menurut sifat sesuai konsepnya. (3) 47% siswa mampu memberikan mana yang termasuk contoh dan bukan contoh dari konsep. (4) 87% siswa mampu menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. (5) 40% siswa dapat mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari konsep. (6) 13% siswa dapat menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu. (7) 20% siswa dapat mengaplikasikan konsep atau alogoritma ke pemecahan masalah. Pembelajaran matematika kontekstual dapat diterapkan oleh guru saat pemberian materi, karena pembelajaran kontekstual diharapkan dapat membantu siswa mudah memahami konsep operasi bilangan yang diawali dari kehidupan sehari-hari siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pemahaman Konsep, Operasi Bilangan Bulat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...