Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 4 (2022)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Eka Sastra Wati (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Desri Guspita (SDN 193/V Dusun Mudo, Tanjab Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan modul matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian tipe posstes only control design dengan teknik sampling cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan metode tes. Uji instrument menggunakan uji validitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda soal, uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji prasayarat analisis dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan perhitungan uji t antara kelas eksperimen dengan kelas control diperoleh nilai sebesar 1,872 sedangkan ttabel = 1,671. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa thitung > ttabel artinya rerata kelas eksperimen lebih baik daripada rerata kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul matematika berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik lebih baik dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan modul matematika berbasis etnomatematika.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...