Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Analisis pembelajaran daring di masa pandemi pada siswa kelas V di SD 5 Jekulo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus

Muhammad Firhan Hananto (Universitas Muria Kudus)
Deka Setiawan (Universitas Muria Kudus)
Muhammad Noor Ahsin (Universitas Muria KUdus)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kendala yang dirasakan pada saat pembelajaran daring serta mendeskripsikan strategi pembelajaran pada masa pandemi  di kelas V SD 5 Jekulo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Adapun analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni kendala  belajar selama pandemi diantaranya sulitnya mengoperasikan teknologi bagi guru, terbatasnya peran guru sebagai fasilitator pembelajaran online, kurang maksimalnya siswa menerima materi yang disampaikan, dan hilangnya kedisiplinan siswa dalam pembelajaran online. Selain itu, strategi pembelajaran online di masa pandemi dengan mengembangkan pengetahuan mengoperasikan teknologi seperti pelatihan sosial media untuk pembelajaran, menerapkan blended learning, memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang kesulitan, dan menekankan peran orang tua sebagai fasilitator pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...