Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi yang jelas tentang apa mengapa, serta bagaimana pembelajaran mengarang/menulis dengan menggunakan metode clustering dan pendekatan quantum teaching. Kegiatan pembelajaran mengarang dengan metode clustering dan pendekatan quantum teaching dilakukan pada kelas IV SD Negeri 9 Lakudo, Kabupaten Buton Tengah mulai dari penelahaan kurikulum, penyusunan program, penyajian program dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) meningkatkan mutu proses belajar siswa dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dapat menjadi indicator keberhasilan penilaian pembelajaran: (b) hasil perolehan nilai hasil belajar siswa yang mencapai rata-rata 8,03 sedangkan dalam tes penjajagan nilai rata-rata hanya mencapai 5,26. Selain itu, hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil 21,889. Sedangkan harga t tabel pada a= 0,05 adalah 2,04. Dengan demikian, pembelajaran mengarang dengan metode clustering dan pendekatan quantum teaching di kelas IV SD Negeri 9 Lakudo, Kabupaten Buton Tengah hasilnya signifikan: dan (c) pembelajaran menulis/mengarang dengan metode clustering dan pendekatan quantum teaching adalah sebuah model pembelajaran yang dapat mencerdaskan emosi siswa, mengaktifkan belahan otak kanan dan kiri, serta mampu memberi bekal kecakapan untuk menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.
Copyrights © 2022