Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022):

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGARANG DENGAN MENERAPKAN METODE CLUSTERING DAN QUANTUM TEACHING

Maryati, Wa Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan informasi yang jelas tentang apa mengapa, serta bagaimana pembelajaran mengarang/menulis dengan menggunakan metode clustering dan pendekatan quantum teaching. Kegiatan pembelajaran mengarang dengan metode clustering dan pendekatan quantum teaching dilakukan pada kelas IV SD Negeri 9 Lakudo, Kabupaten Buton Tengah mulai dari penelahaan kurikulum, penyusunan program, penyajian program dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) meningkatkan mutu proses belajar siswa dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dapat menjadi indicator keberhasilan penilaian pembelajaran: (b) hasil perolehan nilai hasil belajar siswa yang mencapai rata-rata  8,03 sedangkan dalam tes penjajagan nilai rata-rata hanya  mencapai  5,26.  Selain itu, hasil analisis statistik dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil 21,889. Sedangkan harga t tabel pada a= 0,05 adalah 2,04. Dengan demikian, pembelajaran mengarang dengan metode clustering dan pendekatan quantum teaching di kelas IV SD Negeri 9 Lakudo, Kabupaten Buton Tengah hasilnya signifikan: dan (c) pembelajaran menulis/mengarang   dengan metode clustering dan pendekatan quantum teaching adalah sebuah model pembelajaran yang dapat mencerdaskan emosi siswa, mengaktifkan belahan otak kanan dan kiri, serta mampu memberi bekal kecakapan untuk menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...