Gema Pendidikan
Vol 29, No 2 (2022):

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Saharudin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 27 Buton Tengah pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan prosedur sebagai   berikut:  (a)   perencanaan;  (b)   pelaksanaan;  (c)   pengamatan;  dan   (d) refleksi. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Dalam penelitian  ini  terbukti  bahwa  hasil  belajar  siswa dapat  meningkat  pada  waktu  sebelum  menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibanding setelah penggunaan strategi tersebut. Hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata  kelas yang  semula  73,28  pada  tahap  kegiatan  pendahuluan, meningkat menjadi 80,03 pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 87,93 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 40 % pada tahap kegiatan pendahuluan, menjadi 72,5 % pada siklus I, dan menjadi 97,5% pada siklus II. Demikian juga dengan aktivitas siswa meningkat dari 17,5 % pada tahap kegiatan pendahuluan, menjadi 47,5 %  pada  siklus   I,   dan   menjadi  82,5   pada  siklus  II. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kiranya penelitian ini  dapat  bermanfaat  bagi  guru-guru  mata  pelajaran  dalam  melakukan inovasi pembelajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

GP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education. ...