Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 27 Buton Tengah pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan prosedur sebagai berikut: (a) perencanaan; (b) pelaksanaan; (c) pengamatan; dan (d) refleksi. Dengan meningkatnya hasil belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Dalam penelitian ini terbukti bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat pada waktu sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibanding setelah penggunaan strategi tersebut. Hasil belajar menunjukan bahwa rata-rata kelas yang semula 73,28 pada tahap kegiatan pendahuluan, meningkat menjadi 80,03 pada siklus I, dan selanjutnya meningkat menjadi 87,93 pada siklus II. Ketuntasan klasikal meningkat dari 40 % pada tahap kegiatan pendahuluan, menjadi 72,5 % pada siklus I, dan menjadi 97,5% pada siklus II. Demikian juga dengan aktivitas siswa meningkat dari 17,5 % pada tahap kegiatan pendahuluan, menjadi 47,5 % pada siklus I, dan menjadi 82,5 pada siklus II. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kiranya penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru-guru mata pelajaran dalam melakukan inovasi pembelajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia pendidikan.
Copyrights © 2022