Manajemen yang progresif, dinamis, responsif bisa membuka suasana baru, indah, dan penuh dengan kekeluargaan, dari setiap elemen merasa dihargai karena ditempatkan di posisi yang sesuai, serta mempunyai tanggung jawab yang besar dalam melaksanakan pekerjaannya sesuai bidangnya. Dengan pembahasan tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui capaian manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 4 Cirebon dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu tinggi. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan sumber data dari wakil kurikulum di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi pengabsahan data. Temuan dari penelitian yang dilakukan penulis yaitu manajemen berbasis sekolah di MTs Negeri 4 Cirebon dalam penerimaan siswa menggunakan tahap seleksi dan sesuai dengan kebutuhan kelasnya. Penentuan kelas didasarkan pada hasil nilai yang didapatkan oleh peserta seleksi. Sekolah ini memiliki kewenangan yang luas atau otonomi dalam mengelola dan mengatur Sekolah. Dibuktikan dengan adanya keterbukaan Sekolah mengenai program kerjanya. Masyarakat juga berpartisipasi dalam mengelola kurikulum pembelajaran, peserta didik, keuangan, guru dan tata usaha, sarana prasarana yang ada di Sekolah serta layanan yang baik. Sekolah ini sangat terbuka karena terlihat dari beberapa kegiatan yang membutuhkan masyarakat, seperti kegiatan pembelajaran membuat batik.Kata kunci: Manajamen berbasis sekolah, manajemen, pendidikan
Copyrights © 2022