MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Vol 9, No 2 (2019): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

KONSTRUKSI PEMBERITAAN KORUPSI DAHLAN ISKAN ( Analisis Framing Robert N Entman Atas Pemberitaan Rakyat Merdeka)

evi ariska ariska (Magister Ilmu Komunikasi Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana Rakyat Merdeka  mengkonstruksi pembertiaan terhadap sebuah isu korupsi yang belum memiliki status yang jelas di mata hukum. Nama Dahlan Iskan diduga terlibat dalam kasus korupsi penjualan aset negara PT Panca Wira Usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjadi alasan yang  tepat bagi peneliti untuk meneliti ini lebih dalam. Penelitian ini merupakan penelitian melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis framing sebagai metodenya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi teks serta document research.  Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model  framing    Robert N. Entman. Dalam model framing ini memiliki empat elemen untuk mengetahui bagaimana sebuah media massa membingkai berita. Yakni define problem, dainose causes, make moral judgment, dan treatment recommendation. Penelitian ini menemukan titik lemah pada Rakyat Merdeka. Hal itu terlihat dari bagaimana Rakyat Merdeka memilih narasumber untuk dijadikan rujukan  dalam pemberitaan mengenai kasus Dahlan Iskan yang tak lain merupakan pendiri sekaligus pemilik media Jawa Pos Group. Rakyat Merdeka hanya mengedepankan pendapat dari pihak Dahlan dalam membingkai berita ini. Mereka tidak bermain dari pendapat pihak lawan. Pembentukan berita seperti ini berbenturan dengan kebebasan pekerja medianya dalam mengkonstruk sebuah pemberitaan. Ini juga menempatkan mereka kepada satu keberpihakan semu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political ...