Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

DESAIN PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MATA PELAJARAN IPS SMP/MTS MENGGUNAKAN MODEL ASSURE

Havizul Havizul (Institut Agama Islam Negeri Pontianak)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain / merancang pembelajaran online yang efektif dan efisien khususnya pada mata pelajaran IPS SMP/MTs melalui pendayagunaan layanan-layanan yang tersedia di Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan adalah Research Development (RD) dengan model pengembangan ASSURE. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan pembelajaran online berbasis google classroom untuk mata pelajaran IPS tingkat SMP/MTs. Di dalam rancangan pembelajaran tersebut tersedia berbagai rencana aktivitas kelas online yang terstruktur dan sistematis, seperti jadwal kegiatan belajar, absensi kehadiran, pemberian tugas, pengumuman, penilaian, integrasi google meet, integrasi google calender, integrasi google document, dan sebagainya. Dengan baiknya pengelolaan aktivitas kelas online, maka pembelajaran online dapat terselenggara dengan efektif dan efisien, sehingga memberikan hasil yang optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...