Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Pemberdayaan Literasi Desa melalui Manajemen Perpustakaan Sekolah di Kawasan Pesisir Desa Biluango

Novianty Djafri (Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
Azis Bouty (Manajemen Informatika, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Salah satu strategi pemberdayaan desa yang dilaksanakan di Desa Biluango adalah program literasi desa. Sayangnya, program tersebut belum dapat digerakkan secara aktif terutama jika berkaitan dengan proses pembelajaran yang ada di PAUD. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengetahui peran pemberdayaan literasi desa dan hambatan dalam mengelola perpustakaan sekolah di lembaga PAUD. Penelitian ini menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis tema dengan keabsahan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberdayaan literasi desa dilaksanakan melalui bentuk sinergitas dan kerjasama antara para stakeholders, kepala desa, perangkat desa, dan kepala sekolah PAUD, hambatan dalam pengelolaannya yakni kurangnya sumber daya manusia sebagai penyongsong pendidikan, rendahnya insentif tenaga pendidik, dan bahan pembelajaran yang kurang memadai. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan untuk pelaksanaan program literasi berbasis sekolah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...