Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa SMA Kristen Salatiga 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah Kendall Tau dengan bantuan program SPSS Windows 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi berprestasi yang termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,6% dan layanan tutoring berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 67,1%. Berdasarkan analisis data, rxy = 0,329 dihasilkan dengan p = 0,000 <0,05, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa. Dengan demikian semakin tinggi skor pelaksanaan layanan bimbingan belajar, semakin tinggi skor motivasi berprestasi siswa, maka pelaksanaan layanan bimbingan belajar perlu ditingkatkan agar motivasi berprestasi siswa meningkat.
Copyrights © 2018