Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 1 No. 3: October 2018

HUBUNGAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS X SMA KRISTEN 1 SALATIGA

Thirsia Hadi (Universitas Kristen Satya Wacana)
Sapto Irawan (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa SMA Kristen Salatiga 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah Kendall Tau dengan bantuan program SPSS Windows 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki motivasi berprestasi yang termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 81,6% dan layanan tutoring berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 67,1%. Berdasarkan analisis data, rxy = 0,329 dihasilkan dengan p = 0,000 <0,05, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara pelaksanaan layanan bimbingan belajar dan motivasi berprestasi siswa. Dengan demikian semakin tinggi skor pelaksanaan layanan bimbingan belajar, semakin tinggi skor motivasi berprestasi siswa, maka pelaksanaan layanan bimbingan belajar perlu ditingkatkan agar motivasi berprestasi siswa meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...