Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Salatiga, pengambilan subyek penelitian adalah dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas XI BKP (Bisnis Kontruksi Properti) di SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlah 72 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikan hubungan signifikansi antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 2 Salatiga. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Konsep diri yang disusun oleh Dian, S. Sari (2015) yang mengacu pada teori Calhoun & Acocella (1990), dan Skala Motivasi belajar yang disusun oleh Zahroh (2010) yang mengacu pada teori Walgito (2004). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Kendall’s tau_b dengan menggunakan program IBM SPSS for windows 20.0. Hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas XI BKP di SMK Negeri 2 Salatiga dengan hasil koefisien korelasi r = 0,883 pada taraf koefisien signifikansi p = 0,000 < 0,01. Artinya semakin tinggi konsep diri peserta didik, maka semakin tinggi pula tingkat motivasi belajar peserta didik sehingga peserta didik dapat meningkatkan motivasi belajar dengan baik. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai. Kata-kata kunci : Konsep Diri dengan Motivasi Belajar
Copyrights © 2018