Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 1 No. 3: October 2018

PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA

Siswanto Siswanto (UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Kristen Satya Wacana. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 228 mahasiswa dan pengambilan sampel ditentukan dengan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan yang digunakan 5% maka jumlah sampelnya 138 sampel. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala interaksi teman sebaya dan skala perilaku konsumtif, yang dikembangkan oleh peneliti berdasarkan teori Partowisastro (dalam Wijayanti, 2016) dan teori Hidayati (dalam Andin, 2016). Pengolahan datanya menggunakan progam SPSS for Windows 16.0 version. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Kristen Satya Wacana, dengan hasil t hitung sebesar  (-1,043) ≤ t tabel (1,977), R = 0,089, koefisien determinasi R Square = 0,008 dengan tingkat signifikansi 0,299 ≥ 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku konsumtif terjadi karena faktor lain diluar kelompok teman sebaya. Kata-kata kunci : interaksi teman sebaya, perilaku konsumtif

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...