Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying pada Siswa Kelas XII RPL SMK Negeri 1 Tengaran. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XII RPL yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan total sampling . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi dari Nunung (2009) berdasarkan teori Olweus,1993 (dalam SEJIWA, 2008) serta skala komunikasi Interpersonal yang diadaptasi berdasarkan teori DeVito (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s tau b dengan bantuan program SPSS for Window Release 20.0. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying terdapat hubungan yang negatif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,162* dan nilai p = 0,036 < 0,050. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku Bullying.
Copyrights © 2019