Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 1: April 2019

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PERILAKU BULLYING SISWA

Nicolas Adi Wicaksana (Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah-Indonesia,)
Setyorini Setyorini (Universitas Kristen Satya Wacana, Jawa Tengah-Indonesia,)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi hubungan antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying pada Siswa Kelas XII RPL SMK  Negeri 1 Tengaran. Subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas XII RPL yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan subjek menggunakan total sampling . Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengadaptasi dari Nunung (2009) berdasarkan teori Olweus,1993 (dalam SEJIWA, 2008) serta skala komunikasi Interpersonal yang diadaptasi berdasarkan teori DeVito (2011). Teknik analisis data yang digunakan adalah Kendall’s tau b dengan bantuan program SPSS for Window Release 20.0. Hasil analisis korelasi menunjukan bahwa antara komunikasi interpersonal dengan perilaku bullying terdapat hubungan yang negatif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,162* dan nilai p = 0,036 < 0,050.  Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Perilaku Bullying.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...