Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 1: April 2019

PENINGKATAN KESADARAN DIRI (SELF AWARENESS) PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII TERHADAP PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR

Riski Adhi Nugroho (Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen yang dilaksanakan pada tanggal 6 November sampai dengan 27 November 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa peningkatan kesadaran diri terhadap penggunaan sepeda motor melalui layanan konseling kelompok rational emotif terapy dapat meningkatkan kesadaran diri (self awareness) peserta didik terhadap penggunaan sepeda motor kelas VIII SMP Negeri 1 Bandungan. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 orang peserta didik dengan skor terendah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling, berjumlah 5 orang peserta didik yang memiliki masalah terhadap kesadaran diri (self awareness). Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran kesadaran diri (self awareness) yang merupakan adaptasi dari MAAS yang disusun oleh Brown dan Ryan (2003). Alat ukur ini digunakan untuk mengukur seberapa besar kesadaran diri (self awareness) sebagai tahap pretest dan posttest. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Mann-Whitney U diolah dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16.0. Dari hasil analisis Mann-Whitney U maka diperoleh hasil pada skor rata-rata Mean Rank pretest 3,60 menjadi 7,40 pada skor rata-rata Mean Rank posttest kelompok eksperimen setelah diberikan layanan konseling kelompok rational emotif . Dengan demikian konseling kelompok rational emotif  dapat meningkatkan kesadaran diri (self awareness) peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bandungan. Dengan terjawabnya masalah penelitian maka tujuan penelitian ini dapat tercapai. Kata Kunci:  Self Awareness, Konseling Kelompok Rational Emotif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...