Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 1: April 2019

PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP DISIPLIN SISWA

Setyawan Irzal Heryano (Universitas Kristen Satya Wacana,, Jawa Tengah-Indonesia,)
Sapto Irawan (Universitas Kristen Satya Wacana,, Jawa Tengah-Indonesia,)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bringin khususnya kelas X MIPA. Pengambilan subyek penelitian dengan menggunakan teknik total sampling yaitu pengambilan sampel menggunakan sampel total seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang berjumlah 120 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari interaksi teman sebaya terhadap disiplin siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala interaksi teman sebaya mengacu pada teori dari Darten (Sulistyo, 2013) dan skala disiplin siswa mengacu pada teori dari Hurlock (2013) dan dikembangkan Prastika. D, (2015). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS for windows release 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan interaksi teman sebaya terhadap disiplin siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bringin yang ditunjukkan dengan R Square sebesar 0,205 dan Sig = 0,000 < 0,05. Sumbangan relatif interaksi teman sebaya sebesar 20,5% terhadap disiplin siswa menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian tujuan penelitian dapat dicapai. Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Disiplin.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...