Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 2: July 2019

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS KURIKULUM 2013 SABIUL ULUM MAYONGLOR KABUPATEN JEPARA

Hesti Nurani (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Filia Prima Artharina (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Kiswoyo . (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan penilaian kognitif berbasis Kurikulum 2013 di kelas V MI Sabilul Ulum Mayonglor Kabupaten Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini melibatkan informan penelitian dan data lain berupa dokumen-dokumen seperti LKS (Lembar Kerja Siswa) serta data yang berbentuk softfile yang meliputi nilai (UH) ulangan harian, dan ulangan akhir melalui scrennshote ARD (Aplikasi Raport Digital). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang di jelaskan dalam tiga tahapan: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data, dan 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh temuan bahwa pelaksanaan penilaian kognitif berbasis Kurikulum 2013 di kelas V MI Sabilul Ulum Mayonglor menunjukkan bahwa penilaian kognitif di MI Sabiul Ulum Mayonglor telah dilaksanakan pada semua mata pelajaran yang tergabung dalam pembelajaran tematik seperti PPKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan SBdP. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 1 dari 6 pelaksanaan penilaian kognitif yang termasuk kedalam kriteria pelaksanaan penilaian kategori Cukup baik disemua mata pelajaran yaitu Nilai Akhir (NA) dengan pemerolehan skor 2.2. Hal ini berarti 19% pelaksanaan penilaian  pada Nilai Akhir (NA) sudah melaksanakan penilaian kognitif sesuai dengan Standar Penilaian Kurikulum 2013. Kata Kunci: Pelaksanaan Penilaian, Penilaian Kognitif, Kurikulum 2013

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...