Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 2: July 2019

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Khodijah Habibatul Izzah (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Mira Azizah (PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika di kelas IV SDN Tambakrejo 01 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi serta untuk pengumpulan data kemampuan penalaran matematika siswa menggunakan soal tes. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Pembelajaran matematika termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 87,5%, data klasifikasi penalaran matematika didapatkan persentase sebesar 22,5 % pada aspek memahami pengertian, 50% pada aspek berpikir logis, 15% pada aspek memahami contoh negatif, 17,5% untuk aspek berpikir deduksi, 17,5% untuk aspek berpikir sistematis, 30% pada aspek berpikir konsisten, 12,5% pada aspek menarik kesimpulan, 22,5% pada aspek menentukan strategi, dan hasil terendah sebesar 10% untuk aspek berpikir membuat alasan, serta persentase tertinggi 52,5 % pada aspek penalaran menentukan metode. Secara keseluruhan didapatkan hasil persentase sebesar 25% dengan kategori rendah.                                                                                       Kata Kunci : Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...