Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 2: July 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Ni Wayan Sri Kartika Dewi (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
Desak Putu Parmiti (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)
I Gusti Ngurah Japa (Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran probing-prompting berbantuan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di gugus V Kecamatan Bangli Tahun Ajaran 2018.Penelitian ini adalah penelitian semu (quasi eksperimen),denganrancangan nonequivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Sampel penelitian ini adalah kelas V SDN 3 Kayubihi dan SDN 1 Landih.  Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Probing-prompting berbantuan media video dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (5,051) > ttabel (2,002). Selanjutnya, rata-rata (mean) kelompok eksperimen (18,00) lebih besar daripada rata-rata (mean) kelompok kontrol(13,00). Dengan demikian, model pembelajaran Probing-prompting berbantuan media videoberpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus V Kecamatan Bangli. Maka model pembelajaran probing-prompting dapat diterapkan sebagai salah satu model yang inovatif dalam pembelajaran IPA di SD. Kata Kunci : probing-prompting,video,hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...