Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

Determinasi Sikap Profesi, Kompetensi Mengelola Proses Pembelajaran dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar

I Made Warga (Universitas Pendidikan Ganesha)
Nyoman Dantes (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nyoman Natajaya (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya determinasi sikap profesi, kompetensi mengelola proses pembelajaran dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru pada Sekolah Dasar di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto dan pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Penentuan responden berdasarkan table Krejeie dan Morgan yaitut sampel 148 guru yang diambil secara acak. Analisis data menggunakan regresi sederhana, korelasi parsial, regresi ganda, korelasi ganda. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: Pertama: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1) terhadap kepuasan kerja guru (Y) ; Kedua: terdapat determinasi yang signifikan antara kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2) terhadap kepuasan kerja guru (Y) , Ketiga: terdapat determinasi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y), dan Keempat: terdapat determinasi yang signifikan antara sikap profesi (X1), kompetensi mengelola proses pembelajaran (X2), kepemimpinan kepala sekolah (X3) terhadap kepuasan kerja guru (Y).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...