Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI DITINJAU DARI KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SD

I Wayan Parwata (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar geometri ditinjau dari kemampuan spasial siswa kelas V SD di Gugus Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Barat. Data dianalisis menggunakan ANAKOVA dengan bantuan SPSS 17.0 for windows. Sebanyak 82 siswa kelas V dipilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Data  yang dikumpulkan  adalah data hasil belajar dan kemampuan spasial siswa dengan tes pilihan ganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar geometri antara siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan  siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ( Fhitung = 9,119 > Ftabel = 4,00). Kedua, setelah dikendalikan oleh kovariabel kemampuan spasial, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar geometri siswa yang mengikuti model pembelajaran NHT dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fhitung = 12,182 > Ftabel = 4,00). Ketiga, terdapat kontribusi kovariabel kemampuan spasial yang signifikan terhadap hasil belajar geometri siswa (rhitung = 0,551 > rtabel =0,215).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...