Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKN

Ni Wayan Murjani (SMP Negeri 2 Kerambitan)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2019

Abstract

Pencapaian prestasi belajar PPKN siswa Kelas VII A Semester I SMP Negeri 2 Kerambitan berada di bawah KKM. Nilai rata-rata yang dapat diperoleh hanya 65,78, sedangkan tuntutan KKM adalah sebesar 70. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II. Pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar PPKN. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Sesuai hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKN telah membuat prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini tercermin dari nilai rata-rata pada data awal sebesar 67,13 meningkat menjadi 69,81 pada siklus I. Lalu pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 76,97. Secara keseluruhan peningkatan prestasi belajar siswa dari data awal ke siklus II sebesar 9,84 point. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 25,00% pada data awal menjadi 53,13 % pada siklus I dan pada siklus II ketuntasan juga mengalami peningkatan menjadi 93,75 %. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian yaitu Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...