Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa di SMP Negeri 2 Kerambitan. Kajiannya dilatarbelakangi oleh tinggi rendahnya prestasi belajar Bahasa Indonesia di sekolah. Datanya diperoleh menunjukkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa adalah 45% dari 24 siswa yang memperoleh nilai sesuai dengan KKM. Sehingga perlu adanya Bimbingan Konseling dalam meningkatkan Prestasi belajar Bahasa Indonesia tersebut. Setalah dilakukan Bimbingan Konseling pada siswa kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 di SMP Negeri 2 Kerambitan terjadi peningkatan yang signifikan, yakni pada siklus I meningkat menjadi 63% dengan rata-rata 74 sedangkan pada siklus II menjadi 90% dengan rata-rata 81. Hal ini menunjukkan bahwa Bimbingan Konseling dapat meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII A Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 2 Kerambiatan.
Copyrights © 2019