Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN

Muhammad Rizal P.L.K (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Yovitha Yuliejantiningsih (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Tri Hartini (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkankan kedisiplinan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 107 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 30 siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang yang diambil dengan menggunakan teknik Cluster random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kedisiplinan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 4,89. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,131. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 4,89 > ttabel = 2,131. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X SMK 01 Muhammadiyah Semarang tahun pelajaran 2018/2019” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling simbolik dapat meningkatkankan kedisiplinan siswa.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...