Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

Penerapan Model Creative Problem Solving Pada Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Ni Wayan Monik Rismadewi (STKIP Agama Hindu Singaraja)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penerapan cara belajar aktif melalui model pembelajaran Creative Problem Solving diupayakan untuk dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIIF Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 SMP Negeri 2 Singaraja yang dijadikan sebagai lokasi penelitian. Tujuannya agar guru mata pelajaran bahasa inggris mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris anak didiknya sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Belajar yang diharapkan yakni 70. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving bisa meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa ini dibuktikan dari hasil yang diperoleh pada data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 67,94 siklus I meningkat menjadi 72,31, siklus II meningkat menjadi 80,12. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving yang diterapkan guru mata pelajaran bahasa inggris di SMP Negeri 2 Singaraja dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta model pembelajaran ini dapa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...