Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 3 No. 1: April 2020

IMPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS

Ni Putu Purnamawati (SMA Negeri 1 Mendoyo)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan; 1). Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas XII IPS.1 SMA Negeri 1 Mendoyo setelah diterapkan Implementasi Strategi Komunikasi Guru pembelajaran dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 2).Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan Implementasi Stragtegi Komunikasi Guru dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas XII IPS.1 SMA Negeri 1 Mendoyo. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS.1 SMA Negeri 1 Mendoyo sebanyak 31 orang yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilaksanakan dalam 4(empat) tahap, yaitu: 1) Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanaan Tindakan, 3). Pengamatan/Observasi, dan 4) Refleksi. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah aktivitas belajar melalui lembar observasi dan hasil belajarnya melalui tes. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan metode statistik deskriptif dengan menghitung rerata dan prosentase ketuntasan dengan mengacu pada pedoman indikator keberhasilan dalam pembelajaran. Hasil penelitian dan obeservasi, serta analisis data yang telah maka diperoleh bahwa:1). Melalui Implementasi Strategi Komunikasi Guru (SKG) dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XII IPS.1 Semester 1 SMA Negeri 1 Mendoyo ternyata dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, 2).Peningkatan aktivitas dapat terlihat dari nilai rata-rata pra siklus sebesar 56,3 %, di siklus I sebesar 78,5% dan siklus II sebesar 96,8%. Sedangkan peningkatan aktivitas kinerja kelompok pra siklus ke siklus I meningkat rata-rata 15,56 % dan siklus I ke siklus II meningkat 20,20 % dengan rata-rata pada siklus II kinerja kelompok sudah dikatakan baik karena mencapai rata-rata 89,25, dan 3). Analisis hasil belajar siswa diperoleh melalui hasil evaluasi setelah dilaksanakan tindakan yang dilakukan setiap siklus. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra siklus 61,3%, siklus I sebesar 83,9%, dan siklus II siswa yang tuntas mencapai 96,8%. Jadi berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa: “ Implementasi Strategi Komunikasi Guru ternyata dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XII IPS.1 semester 1 secara signifikan.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...