Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 3 No. 1: April 2020

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI KINERJA GURU MELALUI TEKNIK MEETING KEPALA SEKOLAH

I Ketut Ngurah Suka Darmasada (SMA Negeri 1 Mendoyo)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mendeskripsikan tentang Teknik Meeting oleh kepala sekolah sebagai upaya peningkatan prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Mendoyo, dan 2).Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Teknik Meeting oleh kepala sekolah terhadap prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Mendoyo. Subjek penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Mendoyo yang berjumlah 42 orang pada tahun pelajaran 2019/2020. Adapun data yang diamati selama penelitian ini adalah kinerja guru dan Teknik Meeting, data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner/lembar observasi yang telah ditetapkan sesuai dengan pedoman. Setelah data terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu mencari prosentase ketercapaian sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian tindakan sekolah ini. Seluruh kegiatan pada penelitian ini dilaksanakan hanya 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1). Perencanaan Tindakan, 2). Pelaksanakan Tindakan, 3). Pengamatan/observasi Tindakan, dan 4), Refleksi. Hasil penelitian dapat dikemukakan yaitu sebagai berikut: 1). Ada peningkatan prestasi kinerja guru yang sangat signifikan melalui Teknik meeting kepala sekolah di SMA Negeri 1 Mendoyo. Ini terbukti dari hasil nilai analisis siklus I rerata persentasenya adalah 64,40%  meningkat menjadi 76,47% pada siklus II, dan 2).  Besarnya pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru-guru SMA Negeri 1 Mendoyo dalam penelitian ini adalah 12,07%. Jadi berdasarkan hasil analisis yang telah ditekuman dalam penelitian tindakan sekolah ini, maka penulis dapat mengambil simpulan bahwa: Upaya peningkatan prestasi kinerja guru SMA Negeri 1 Mendoyo, ternyata dapat ditingkatkan melalui Teknik Meeting Kepala Sekolah dengan hasil yang sangat signifikan.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...