Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Children’s Learning In Sciense (CLIS) berbantuan media lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara 2018/2019 yang berjumlah 464 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian menggunakan teknik random sampling dengan pengacakan kelas yang sudah ada, kemudian dilakukan pengudian untuk penentuan kelompok eksperimen dan kontrol sehingga kelas IVB SD Negeri 4 Ubung yang berjumlah 40 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SD Negeri 5 Ubung yang berjumlah 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda biasa sebanyak 25 soal yang sudah divalidasi. Nilai gain score dinormalisasi dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,558 >ttabel (ɑ=0,05, dk=73) = 2,000 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sesuai dengan hasil tersebut dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan model pembelajaran CLIS berbantuan media lingkungan dan kelompok siswa yang dibelajarakan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Negeri Gugus Kolonel I Gusti Ngurah Rai Denpasar Utara 2018/2019. Untuk peneliti yang memiliki kesamaan variabel, hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai kajian penelitian relevan.
Copyrights © 2020