Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 3 No. 1: April 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DENGAN SETING LESSON STUDY TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA

Ni. W. Karini (Universitas Pendidikan Ganesha)
A. A. G. Agung (Universitas Pendidikan Ganesha)
I M. Citra Wibawa (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
15 May 2020

Abstract

Sampai saat ini sikap ilmiah IPA siswa masih rendah. Rendahnya sikap ilmiah siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor eksternal yang dianggap berpengaruh adalah model pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan seting Lesson study terhadap Sikap Ilmiah Siswa Kelas IV SD Semester Genap di Gugus II Kecamatan Kubutambahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Kubutambahan yang berjumlah 194 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu SD Negeri 1 Kubutambahan sebagai kolompok eksperimen dan SD Negeri 6 Kubutambahan sebagai kelompok kontrol. Instrumen dalam mengumpulkan data menggunakan kuesioner yang berjumlah 30 butir pernyataan. Penskoran kuesioner menggunakan skala likert. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 9,56 dan ttabel pada taraf siginifikansi 5% dengan dk=70 adalah 1,99. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Seting Lesson Study terhadap sikap ilmiah siswa kelas IV Semester II di SD Gugus II Kecamatan Kubutambahan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...