Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September

Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul

Aulia Rika Harahap (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Andi Prastowo (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Proses menyusun rencana pembelajaran adalah tugas wajib guru agar pembelajaran yang diharapkan sesuai dengan pembelajaran yang akan terjadi. Penelitian ini berupaya menggambarkan kemampuan guru dalam menyusun dan perencanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini bersumber dari narasumber yang telah di wawancara, sedangkan sumber data adalah guru-guru kelas yang berada di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul. Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik daftar cek (Check List), wawancara dan dokumentasi. Teknik wawancara yang dilakukan adalah wawancara semi  terstruktur. Berdasarkan analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut: ketika akan menyusun perencanaan pembelajaran guru akan: (1) menjadikan silabus sebagai pedoman dalam merancang RPP, (2) guru harus memiliki 4 kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogik yaitu kemampuan dalam mengembangkan dan menyusun perencanaan pembelajaran, dan (3) menyusun RPP sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi guru di SLB Kasih Ibu Dolok Masihul dalam perencanaan pembelajaran, sudah terlihat dari cara guru merencanakan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan dengan memperlihatkan kompetensi sebagai seorang guru yang khususnya memiliki kompetensi pedagogik dalam merencanakan pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...