Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari-Mei 2022

Implementasi Strategi Pembelajaran Think Talk Write dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTsN 2 Langkat

Nufika Yunzira (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Anida Anida (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Endah Retno Suci (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Model pembelajaran Think Talk Write pada siswa MTs Negeri 2 Langkat adalah sangat baik diterapkan karena mampu neningkatkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada pelaksanaan siklus kedua. Pemahaman belajar siswa lebih baik dengan diterapkannya model pembelajaran Think Talk Write dari model pembelajaran biasa atau konvensional yang selama ini diterapkan. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write efektif digunakan. Upaya peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran aqidah akhlak materi tentang adab shalat dan berdzikir di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Langkat berhasil dilakukan dengan penerapan pembelajaran Think Talk Write sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Upaya yang dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif pada setiap kegiatan pembelajaran dan menggali potensi yang dimiliki siswa sehingga muncul kreativitas yang dimiliki siswa. Peningkatan kreativitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Think Talk Write diketahui melalui lembar aktivitas siswa yang telah dibuat dan menunjukkan adanya peningkatan yang baik melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Dengan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam belajar juga mempengaruhi hasil belajar siswa yang juga mengalami peningkatan. Dalam belajar siswa terlihat lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti materi pelajaran yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...