Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari-Mei 2022

Hubungan Pendekatan Pumping Student Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa di MAS Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Mida Fitriani (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Syahrul Affan (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Diani Syahfitri (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendekatan pumping student terhadap peningkatan kompetensi siswa. Metode yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil deskripsi data, uji persyaratan analisis, hasil penelitian, temuan penelitian dan keterbatasan penelitian maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan angket tentang penerapan pendekatan pumping student yang memiliki hasil rataan sebesar 58,6 median sebesar 55,5 modus sebesar 53,4 varians sebesar 87,37 dan simpangan baku sebesar 9, 35 dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Peningkatan Kompetensi siswa memiliki hasil rataan rataan sebesar 68,5 median sebesar 66,2 modus sebesar 65,3 varian sebesar 30,82 dan simpangan baku sebesar 5,55 dan dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada pendekatan belajar pumping student dengan peningkatan kompetensi siswa dengan garis regresi Y=41,81 +0,44 X. Terdapat korelasi yang signifikan antara pendekatan pumping student dengan peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Swasta Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura setelah dilakukan uji regresi dengan rumus product moment dengan hasil hitung 0,769 dengan tingkat hubungan yang kuat atau tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa penerapan pendekatan pumping student baik diterapkan dan mampu berkontribusi pada peningkatan kompetensi siswa pada pelajaran fikih siswa Madrasah Aliyah Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura, untuk itu diharapkan bagi guru mampu menerapkan pendekatan tersebut dengan baik sehingga dampak kepada siswa dapat lebih berpengaruh positif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...