Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari-Mei 2022

Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Al-Hikmah Pulau Banyak

Widiya Widiya (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
M. Ali Mukhlis (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
A.R. Marhan Hasibuan (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa dalam pembelajaran PAI guru masih menggunakan metode ceramah dan belum memaksimalkan penggunaan media, sehingga proses belajar siswa terkadang kurang kondusif. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, data diambil melalui teknik pengumpulan data berupa data hasil observasi aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual serta hasil belajar. Media audio visual merupakan salah satu media belajar yang menggabungkan antara gambar dan suara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dapat meningkat secara bertahap yaitu dari tahap prasiklus 36 %, pada Siklus I 50 %, dan pada Siklus II 86 %, dan jumlah peningkatan hasil belajar dari pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II adalah 50 %. Berdasarkan deskripsi data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep pelajaran Pendidikan Agama Islam hal tersebut dilihat dari hasil tes yang meningkat disetiap siklusnya. Pendidikan yang bermutu dapat tercermin dari penilaian hasil belajarnya, artinya semakin bermutu tingkat layanan pendidikannya semestinya hasil belajarnya juga semakin baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...