Sidoluhur
Vol 1 No 02 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat SIDOLUHUR

STRATEGI PEMASARAN SENTRA PENGRAJIN TEMBAGA DESA TUMANG BERBASIS DIGITAL MARKETING MELALUI WEBSITE

Tri Prastiyo Agung Nugroho (Unknown)
Galuh Ayu Putri (Unknown)
Nurhaliza (Unknown)
Dimas Ilham Nur Rois (Unknown)
Sari Kurniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Strategi pemasaran secara digital dikenal dengan istilah pemasaran digital, yaitu suatu metode pemasaran yang dilakukan dengan bantuan alat-alat digital, khususnya internet beserta berbagai aplikasi yang dikandungnya dan peralatan yang mendukung penggunaan media tersebut. Hal ini memungkinkan terciptanya suatu jaringan atau hubungan dengan banyak pihak dalam hal jual beli produk. Bagi warga desa tumang yang terkenal merupakan sentra pengrajin tembaga, sangat penting untuk menguasai strategi marketing berbasis digital untuk mendongkrak pasarannya ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan edukasi kepada masyarakat, sumber data sebagai bahan edukasi masyarakat di dapat melalui observasi potensi desa dan wawancara serta materi terkait yang pernah didapat dalam bangku perkuliahan. Hasil pengabdian masyarakat ini menerangkan bahwa masih banyaknya masyarakat yang kurang memanfaatkan digitalisasi dalam memasarkan produk mereka, sehingga masih menggunakan model pemasaran konvensional yangmana mengakibatkan keuntungan UMKM kurang maksimal. Kesimpulannya, pemerataan edukasi terkait pemasaran secara digital masih diperlukan untuk kemajuan UMKM secara individual dan meningkatkannya potensi dari sentra pengrajin tembaga Desa Tumang

Copyrights © 2022