Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017

Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbantuan Asesmen Autentik terhadap Ketahanmalangan dan Hasil Belajar Matematika

I Gusti Agung Ngurah Trisna jayantika (IKIP PGRI Bali)
I Wayan Karya Widnyana (IKIP PGRI Bali)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik terhadap ketahanmalangan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini tergolong Quasi Exsperiment (eksperimen semu) dengan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Equivalen Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nasional Denpasar sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik multistge random sampling, yang dirandom adalah kelasnya dan didapat 2 kelas sebagai sampel. Variabel terikat yaitu ketahanmalangan dan hasil belajar matematika dan variabel bebas yaitu pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dan pembelajaran konvensional. Data tentang ketahanmalangan siswa dikumpulkan dengan angket ketahanmalangan dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan di analisis dengan uji manova dengan menggunakan SPSS 17,0 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh : 1) terdapat perbedaan ketahanmalangan antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 3) Terdapat perbedaan secara simultan ketahanmalangan dan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...