Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 11 No. 1 (2022): Maret 2022

Pengaruh Metode Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Interaksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar Tahun Ajaran 2020/2021

Henliana , Ina Wolu (Unknown)
Ni Nyoman, Parmithi (Unknown)
N.Putri, Sumaryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Mengklarifikasi Nilai (Value Clarification Technique–VCT) Dalam Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Interaksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Non Equivalent Post-Test-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 6 Denpasar tahun pelajaran 2020/2021 dengan 156 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu satu kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dengan peserta didik 31 orang dan satu kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3 dengan peserta didik 31 orang, yang ditetapkan secara random sampling dengan cara undian. Analisis data menggunakan uji t-tes dan MANOVA. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh : 1. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap interaksi peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 2. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring. 3. Terdapat pengaruh metode mengklarifikasi nilai (Value Clarification Technique–VCT) dalam pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) secara simultan terhadap interaksi dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti metode pembelajaran konvensional secara daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...