Bosowa Journal of Education
Vol 2 No 2 (2022): Bosowa Journal of Education, Juni 2022

Materi Ajar IPA Berbasis Digital Content Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 Kota Makassar

Sulfi Sulfi (SD Inpres Panaikang I/I Makassar)
Asdar Asdar (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Rahmaniah Rahmaniah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 K . Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 Kelas IV B Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui penerapan materi ajar IPA berbasis Digital Content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 Kelas IV B Kota Makassar, (3) Untuk menganalisi penerapan materi ajar IPA Digital Content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I /1 Kota Kelas IV B Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 tahun ajaran 2021/ 2022 Jumlah peserta didik dalam kelas ini 26 peserta didik. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan materi ajar berbasis Digital Content untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian tubuh hewan pada siswa kelas IV/B UPT SPF SD Inpres Panaikang I/1 menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Dari hasil observasi, penerapan materi ajar berbasis Digital Content dapat berjalan baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan bahwa penerapan model materi ajar berbasir Digital Content terbukti berhasil baik, pada siklus I sebesar66,19 berkategori cukup menjadi lebih baik pada siklus II dengan skor sebesar 83,4 menunjukkan kategori baik. This study aims (1) to describe the learning outcomes of students at SD Inpres Panaikang Makassar I/1 Class IV-B, (2) to find out the implementation of digital content-based materials for science teaching in improving student learning outcomes at SD Inpres Panaikang Makassar I/1 Class IV-B, (3) to analyze the implementation of digital content-based materials for science teaching in improving student learning outcomes of SD Inpres Panaikang Makassar I/1 Class IV-B. The research method was Classroom Action Research. The subjects of this study were students of class IV-B SD Inpres Panaikang I/1 academic year 2021/2022. The number of students in this class was 25 students. After conducting research, the researcher concludes that the implementation of digital content-based teaching materials to improve science learning outcomes for animal body parts in grade IV-B UPT SPF SD Inpres Panaikang I/1 create active and fun learning. From the results of observations, the implementation of digital content-based teaching materials can run well. This is evident from the results of observing student activities which also show that the proven to be successful, in the first cycle of 66.19 in the moderate category to be better in the second cycle with a score of 83.4 indicating a good category elas IV B Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui penerapan materi ajar IPA berbasis digital content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I/1 Kelas IV B Kota Makassar, (3) Untuk menganalisi penerapan materi ajar IPA digital content dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik SD Inpres Panaikang I /1 Kota Kelas IV B Makassar. Metode penelitian yang adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-B SD Inpres Panaikang I/1 tahun ajaran 2021/ 2022 Jumlah peserta didik dalam kelas ini 26 peserta didik. Setelah melakukan penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan materi ajar berbasis digital content untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi bagian tubuh hewan pada siswa kelas IV/B UPT SPF SD Inpres Panaikang I/1 menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Dari hasil observasi, penerapan materi ajar berbasis digital content dapat berjalan baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi aktivitas siswa juga menunjukkan bahwa penerapan model materi ajar berbasir digital content terbukti berhasil baik, pada siklus I sebesar66,19 berkategori cukup menjadi lebih baik pada siklus II dengan skor sebesar 83,4 menunjukkan kategori baik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...