Journal of Dance and Dance Education Studies
Vol 1, No 2 (2021): October

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK TUNAGRAHITA DALAM PEMBELAJARAN TARI MELALUI MODEL MNEMONIK

Heni Komalasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
leedsya Savitri (Ubiversitas Pendidikan Indonesia)
Agus Budiman (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2022

Abstract

Pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus memang sudah banyak dibicarakan oleh banyak kalangan, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus masih sangat jarang sesuai dengan kebutuhkan dan kemampuan yang dimiliki siswa tersebut, maka dengan begitu tujuan adanya penelitian ini untuk melihat apakah adanya peningkatan pada kemampuan kognitif anak tunagrahita pada pembelajaran tari yang akan dilakukan dengan model mnemonik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen semu (Quasi Experimental). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, test dan studi dokumentasi, penelitian ini dilakukan oleh dua siswa tunagrahita. Hasil penelitian ini menunjukan bawah proses pembelajaran tari yang dilakukan di SLB Negeri 01 Jakarta dengan menggunakan model mnemonik mampu meningkatkan kemampuan kognitif anak tungarahita, peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil test awal dan test akhir yang dilakukan secara daring, dan hasil nilai siswa tersebut mengalami kenaikan nilai pada kemampuan kognitifnya melalui pembelajaran tari menggunakan model mnemonik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JDDES

Publisher

Subject

Arts

Description

JDDES; Journal of Dance and Dance Education Studies, e-ISSN: 2776-5326, p-ISSN: 2797-8990, merupakan jurnal kajian tari dan pendidikan tari yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Seni Tari FPSD UPI untuk mempublikasikan hasil penelitian, artikel non penelitian, kritik tari, dan hasil pengabdian ...