Maksud dan tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang berpengaruh pada kualitas pelayanan IB di masyarakat kabupaten Jombang. Karena pelayanan Ib adalah kategori pelayanan jasa, mak manajemen pelayanan Ib haruslah berbasis pada kaidah-kaidah pelayanan jasa yang prima, apabila kita dapat mengidentifikasi faktor-faktor kunci yang dominan mempengaruhi kualitas pelayanannya maka jawaban akan dapat kita berikan dalam perspektif yang lebih mengena. Kualitas pelayanan publik adalah indikator penting dalam menentukan apakah penyelenggaraan keewenangan pemerintah dan aparaturnya sudah berjalan dengan baik, dengan kata lai kualitas pelayanan publik adalah menentukan tercapainnya “Good Governance”. Tercapainya kualitas pelayanan publik yang baik, yang berbasis kaidah-kaidah pelayanan prima (Service Exellent) hanya dapat terwujud apabila dilaksanakan reformasi demokrasi karena telah begitu lama aparatur pemerintah bersama birokrasinya yang penuh KKN. Membangun sistem kerja organisasi pelayanan Inseminasi Buatan (IB) yang berorientasi pada terwujudnya kepuasan pelanggan. Dalam hal ini adalah peternak dan berbasis pada kaidah-kaidah pelayanan prima, pada dasarnya adalah sebagai upaya konkrit dari Dinas Peternakan untuk memberi kontribusi demi terwujudnya “Good Governance” di Pemerintahan Kabupaten Jombang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022