Jurnal Citrakara
Vol 4, No 1 (2022): APRIL 2022

Redesain User interface Gamifikasi Poin dan Badge Aplikasi Campaign ForChange Berdasarkan Sudut Pandang Supporter

Grace Victoria Adhiputri (Universitas Dian Nuswantoro)
Siti Hadiati Nugraini (Universitas Dian Nuswantoro)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Campaign ForChange merupakan salah satu aplikasi untuk berdonasi tanpa harus mengeluarkan dana melainkan dengan mengikuti aksi dan Challenge. Meskipun memiliki konsep yang menarik, pihak Campaign.com mengaku masih sering menghadapi kesulitan dalam mengajak pengguna (Supporter) menyelesaikan Challenge. Oleh karena itu, perancangan ini memiliki tujuan untuk merancang ulang user interface gamifikasi poin dan badge yang efektif diterapkan pada aplikasi Campaign ForChange yang dapat digunakan untuk meningkatkan penyelesaian Challenge dari segi Supporter. Perancangan ulang ini menggunakan metode perancangan design thinking mulai dari tahap emphatize sampai dengan tahap testing hingga diperoleh user interface yang sesuai. Media utama dalam perancangan ini adalah user interface untuk aplikasi smartphone sedangkan media pendukung yang digunakan adalah billboard, poster, dan pengenalan video dari user interface baru dengan prototype. Setelah dilakukan testing terhadap user interface yang telah dibuat, Supporter merasa adanya sistem XP dan badge tersebut dapat membantu meningkatkan motivasi mereka dalam menyelesaikan Challenge yang ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

citrakara

Publisher

Subject

Arts

Description

Jurnal Citrakara adalah media publikasi mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual Universitas Dian Nuswantoro yang menyuarakan hasil pemikiran yang berupa perancangan atau pengkajian di bidang advertising, desain grafis, fotografi, audio visual, multimedia, animasi, dan game design. Jurnal ...