Journal of Applied Management Research
Vol 2, No 1 (2022)

Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001:2015) pada PT. China Comservice Indonesia

Syafrijal Fajri Lubis (Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Sahid, Jakarta)
Tatan Sukwika (Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Sahid, Jakarta)
Ira Mulyawati (Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Sahid, Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

PT. CCSindo belum sepenuhnya menjalankan sistem dengan baik dan masih berjalan dengan cara best practice, dan masih banyak jajaran manajemen yang belum menjalankan sistem manajemen mutu dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi berjalan melalui evaluasi untuk diketahui sejauh mana tingkat keberhasilan sistem manajemen mutu yang telah dilaksanakan di PT. CCSIndo.  Penelitian dilaksanakan dengan studi deskriptif kualitatif, yang menganalisa data dengan cara mendeskripsikan gambaran yang jelas mengenai PT. CCSIndo. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil dari nilai implementasi tiap-tiap klausul ISO 9001:2015 rata-rata mencapai lebih dari 90%. Hasil evaluasi diketahui implementasi berjalan dengan sangat baik, namun perlu ada peningkatan pemantauan kinerja dan evaluasi terhadap penyedia eksternal yang dilakukan secara berkala. Diharapkan untuk peningkatan yang berkelanjutan terhadap kesesuaian, kecukupan dan efektivitas sistem manajemen mutu perlu dilakukan tindakan untuk menghadapi konsukuensi ketidaksesuaian dan melakukan tindakan perbaikan atas ketidaksesuaian secara tepat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamr

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Journal of Applied Management Research is an electronic journal that focuses on the study of applied management. Topics published in this journal may pay attention, but are not limited to: Applied management study, including marketing management, human resource management, financial management, and ...